Tips Menjinakan Kacer

Banyak di antara sebagian kicau mania jadi kesulitan mencari langkah menjinakan kacer, apakah itu kacer poci (jawa barat) atau kacer hitam (jawa timur). Apa lantaran? Kacer-kacer itu biasanya Mudah Rimba.

Sampai bila perawatan awal tidak cocok, burung itu bukanya makin jinak jadi makin giras. Sayangnya, tidak ada ketetapan baku dalam masalah ini.

burung kacer

Masing-masing orang biasanya memiliki langkah yang berbeda dalam menjinakkan kacer. Dan jeleknya, tidak semuanya pendapat yang ada bisa di aplikasikan ke burung kacer kita masing-masing. Perlu ada modifikasi yang butuh sesuai sama dengan situasi burung pada saat “ini”. Namun, lewat cara garis besar, langkah menjinakkan kacer poci atau kacer hitam yakni seperti berikut :

  • Jika burung masih terlihat stress, asingkan terlebih dahulu ketempat yang sepi hingga burung terlihat nyaman di sangkarnya
  • Mandikan kacer secara rutin (pagi/sore) sampai basah kuyup.
  • Kondisikan burung dalam keadaan lapar lalu kasih extra foodingjangkrik menggunakan tangan. Jika burung belum berani mematuk jangkriknya, ajari perlahan-lahan dengan bantuan lidi. Jangkrik di matiin lalu di taruh di ujung lidi. Setelah itu baru kita kasih ke burung. Untuk permulaan, mungkin bisa memakai lidi yang panjang.
  • Kemudian berangsur-angsur menggunakan lidi yg sedang, pendek dan dicoba lewat tangan langsung
  • Hindari pengerodongan kecuali pada malam hari.
  • Gantang di tempat yang ramai dilalui oleh orang.
  • Gantang di tempat yg rendah (sebagai rujukan mungkin bisa 1 meter diatas permukaan tanah)

Ini langkah terakhir apabila cara-cara diatas tidak mempan. Titipkan burung itu ke family atau rekanan yg memiliki kios di pasar tradisional. Dengan digantung dipasar, biasanya dalam kurun 1 bulan., kacer poci atau kacer hitam muda rimba akan selekasnya sesuaikan dengan lingkungan.

Sekian Panduan Menjinakan Kacer dari saya semoga bisa berguna, serta janganlah lupa baca artikel sebelumnya perihal Cara Menjinakan Cucak Hijau.

Tinggalkan Komentar: