Tips Sederhana Memelihara Hamster

Banyak orang memiliki hamster sebagai hewan peliharaan atau teman bermain, hewan kecil ini memiliki kemampuan khusus yang bisa menghibur bagi pemiliknya. Namun demikian, memelihara hamster tidaklah mudah apalagi bagi sobat muda yang masih memiliki kesibukan padat, padahal sejatinya hewan ini butuh perhatian ekstra.

Tips Sederhana Memelihara Hamster

Jika anda memutuskan untuk memelihara hamster, anda dapat mengikuti tips perawatan hamster sederhana ini. Beberapa hal yang harus anda ketahui adalah hewan ini adalah perhatian, waktu dan kebersihan lingkungan sekitarnya. Berikut beberapa tips untuk merawat hamster yang dapat anda ikuti.

Kandang / Rumah Hamster
Pertama kali yang perlu anda pastikan adalah rumah / kandang bagi hamster itu. Banyak kandang yang bisa anda dapatkan di toko hewan atau supermarket, ada juga orang yang membuatnya sendiri. Untuk pemilihan yang baik, anda dapat memilih kandang yang tidak terlalu besar namun cukup lega untuk hamster bergerak dan bermain. Jangan memilih kandang yang berbahan plastik, karena hamster merupakan hewan pengerat / pengunyah, bisa-bisa kandang akan dicakar/digigitnya
Lokasi Kandang
Tentu saja hal ini juga perlu diperhatikan, tempatkan kandang hamster di area yang steril dan tidak berbahaya. Supaya hamster tidak mengalami stress, pastikan penempatan kandang tidak langsung terkena sinar matahari atau tidak dekat panas, karena hal itu akan memimbulkan suhu ekstra di sekitar kandang dan bisa membuat hamster stress bahkan mati.
Makanan dan Air
Pastikan anda memberikan nutrisi yang cukup bagi hamster piaraan anda, makanan dan air yang selalu diganti dengan yang baru akan membuat hamster merasa senang. Jika anda memberikan makanan yang berupa daun atau rumput, pastikan tidak mengandung pestisida karena hamster sensitif terhadap bahan kimia. Selalu bersihkan tempat air dan ganti air setiap hari, ini juga akan menghnindarkan hamster dari bakteri yang berada dalam air.
Latihan
Ini adalah alasan mengapa orang memelihara hamster, yaitu bisa menghibur anda dengan aktivitasnya. Agar hamster sehat, anda harus melatihnya dengan aktivitas atau olahraga hamster. Salah satu contohnya, anda dapat memberikan roda berjalan atau bola hamster di kandangnya. Hamster memiliki insting untuk bermain dan menghibur, namun demikian anda perlu memperhatikan waktu untuk melatihnya bermain. Jangan sampai terlalu sering atau dalam waktu lama, hamster bisa kelelahan dan berujung kematian.

Nah, bagi anda pecinta hamster, itulah tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk piaraan anda di rumah. Perlu anda perhatikan juga, bagi yang memiliki anak-anak, pastikan mereka mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang hamster. Untuk tips merawat hamster yang masih bayi, bisa anda dapatkan di sini.

Tinggalkan Komentar: