Tips Memelihara Burung Kenari Holland

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan burung kenari. Burung kenari juga sudah familiar di kalangan masyarakat. Selain terkenal warna bulunya yang bagus, burung kenari juga memiliki suara kicauan yang menarik. Oleh karena itu banyak orang yang menyukai burung kenari ini. Burung kenari memiliki banyak jenis, namun kali ini kita akan membahas sedikit tips memelihara burung kenari jenis holland.

Burung Kenari Holland merupakan hasil persilangan dari banyak jenis burung kenari yang berasal dari Inggris, Belgia, dan Jerman. Hasilnya pun indah dan menarik. Diantaranya Kenari jenis Norwich, Scoth fancy, Bolder fancy, London fancy, dan beberapa lainnya. Tidak hanya di Belanda, sekarang penduduk Indonesia juga sudah mengenal burung-burung ini.

Tips Memelihara Burung Kenari Holland

Sebenarnya burung kenari holland adalah sebuatan para pecinta kenari. Karena asal mula burung kenari dari Belanda, maka orang-orang menyebutnya burung holland. Kenari Holland juga termasuk kenari petarung dan penyanyi, akan tetapi jenis ini tidak dimasukan ke dalam jenis resmi kenari di dunia. Nah untuk anda pecinta kenari atau pemilik burung kenari jenis holland, berikut tips yang dapat anda ikuti supaya peliharaan anda lebih merasa sehat dan indah.

Kebersihan
Burung kenari sangat sensitif terhadap kebersihan. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan sarang, pakan, wadah pakan tempat minum dan lain-lain. Sebaiknya lakukan semua itu setiap hari. Sehingga kenari Anda bisa berkembang dengan baik. Sebenarnya tidak hanya ternak kenari saja yang perlu kebersihan.

Kandang
Untuk ukuran kandang atau sangkar burung kenari, sebaiknya Anda buat yang sesuai dengan ukuran kenari. Semakin besar burung kenari, maka semakin besar dan luas juga untuk kandangnya. Sedangkan untuk kenari betina, sebaiknya buatlah kandang yang sedang. Jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Dengan begitu, burung kenari yang Anda pelihara akan merasa lebih nyaman di kandangnya.

Makanan (Pakan)
Makanan dan suplemen adalah hal sangat penting untuk kenari. Anda harus memberikan makanan yang bernutrisi. Selain itu, berikan suplemen yang bisa merangsang suara, meningkatkan produktifitas telur, manjaga burung agar tidak setress, dan lain-lain. Makanan yang baik untuk kenari adalah kenari seeds. Anda juga perlu memberikan makanan tambahan seperti telur puyuh, sayuran (sawi putih, kubis), buah buahan(apel, peer, timun, gambas).

Jika anda lebih telaten dan teratur dalam memelihara kenari, alhasil peliharaan anda akan bertambah bugar dan cantik. Tentunya akan menjadi perhatian juga bagi orang yang melihatnya. Apabila anda sudah menerapkan tips diatas, saatnya anda mengikuti tips agar kenari cepat bunyi gacor.

Tinggalkan Komentar: