Tips Memberi Makan Yang Baik Pada Kucing

Salah satu hewan peliharaan yang sangat digemari oleh orang selain anjing adalah kucing, mungkin banyak dari kita tahu bahwa kucing lebih imut dan lebih lembut daripada anjing. Nah bagi para pecinta kucing, ada baiknya anda mengetahui cara merawat dan memberi makan yang baik bagi kucing piaraan anda. Mengapa demikian? karena kunci dari kesehatan dan kebugaran kucing terletak pada pemberian makan yang tepat dan porsi yang sesuai.

Tips Memberi Makan Yang Baik Pada Kucing

Pemberian makan pada kucing sebaiknya disesuaikan dengan usia dan kondisinya, karena kebutuhan makan anak kucing tentu berbeda sengan kucing dewasa. Kucing yang sedang hamil atau menyusui juga memiliki kebutuhan makan yang khusus. Bagi anda penggemar kucing, ada baiknya untuk menyimak tips memberi makan yang baik pada kucing di bawah ini.

Kebutuhan anak kucing usia dibawah 1 tahun :
  1. Anak kucing dapat mulai diberi makanan pada umur 3-4 minggu.
  2. Makanan yang diberikan biasanya direndam air hangat secukupnya, dihancurkan dan dihaluskan.
  3. Untuk pertama kali anak kucing perlu diajari, disuapi dengan pipet atau oleskan sebagian kecil makanan pada mulut, kemudian dekatkan piring makanan untuk melihat apakah sudah mau makan sendiri.
  4. Berikan makanan khusus untuk anak kucing karena biasanya kandungan proteinnya lebih tinggi dan banyak mengandung nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan.
  5. Hingga usia 2-3 bulan jumlah air dalam makanan bisa dikurangi secara bertahap hingga kucing bisa makan makanan kering sepenuhnya.

Kebutuhan makan kucing dewasa usia diatas 1 tahun :
  1. Kucing dewasa dengan berat sekitar 4-5 kg setidaknya membutuhkan energi dari makanan sebesar 300 kalori. Berikan makanan dengan nutrisi cukup dan seimbang, biasanya terdapat tulisan Complete atau Balanced pada kemasan makanan.
  2. Perhatikan kandungan kalori pada kemasan makanan, tentukan jumlah makanan agar mencukupi kebutuhan kalori 1 hari, kemudian bagi jumlah tersebut sesuai dengan frekuensi pemberian makan 2 -3 kali sehari.
  3. Usahakan kucing tidak fanatik dengan merek makanan tertentu secara terus menerus. Sekali-sekali perlu pergantian merek makanan agar pencernaannya terlatih terhadap berbagai jenis makanan.
  4. Perhatikan juga pH dan kandungan mineral makanan agar terhindar dari gangguan saluran kencing.

Kebutuhan makan kucing hamil dan menyusui :
  1. Pada saat hamil dan menyusui, induk kucing memerlukan makanan dengan kandungan protein tinggi.
  2. Berikan makanan untuk anak kucing karena kandungan proteinnya lebih tinggi.
  3. Suplemen kalsium dapat diberikan pada induk yang menyusui anaknya.
Tips Memberi Makan Yang Baik Pada Kucing

Nah, semoga beberapa tips memberi makan yang baik pada kucing di atas dapat menjadikan kucing piaraan anda lebih incah dan sehat. Bagi anda pemilik kucing persia, jangan lewatkan juga untuk menyimak tips merawat kucing persia dengan baik ini.

Tinggalkan Komentar: