Tips Praktis Dalam Memelihara Ikan Koi

Salah satu jenis ikan yang menjadi hewan peliharaan di rumah adalah ikan, dalam memelihara ikan diperlukan ketelatenan untuk memberi makan dan mengganti air dalam kolam atau akuarium. Jenis ikan yang banyak digemari adalah ikan koi, selain warnanya yang indah ikan koi juga memiliki daya tarik tinggi ketika seseorang melihatnya. Dalam memelihara ikan koi sesungguhnya tidaklah memakan biaya yang besar, seperti contohnya harga dari bibit ikan ini tidahlah mahal, mulai dari 10 ribu rupiah saja. Namun jika anda ingin memiliki ikan koi yang besar, tentu saja biaya yang dikeluarkan agak membengkak.


Bagi anda yang ingin memelihara ikan koi, berikut beberapa tips praktis dalam memelihara ikan koi.

Kualitas Ikan Koi
Kualitas ikan koi ini biasanya ditentukan oleh warna, semakin bagus dan mencolok warnanya biasanya semakin banyak digemari oleh kolektor.

Bentuk Badan Ikan Koi
Bentuk badan ikan koi yang bagus bisa dilihat dari gaya berenangnya. Bentuk badan yang sempurna membuat ikan koi lincah dalam berenang.

Kolam Untuk Ikan Koi
Ketika anda memiliki varian ikan koi besar, tentunya anda akan lebih memilih menempatkannya di kolam daripada di akuarium. Dekorasi warna dan bebatuan akan membuat ikan koi nyaman dalam kolam. Demikian pula bagi pemilik atau penikmat ikan koi yang melihatnya, perpaduan antara warna ikan koi dengan warna bebatuan, air, dan tumbuhan dalam kolam akan lebih memanjakan penikmatnya.

Hama dan Penyakit
Banyak pemmilik ikan koi belum mengerti benar penyakit yang bisa diderita oleh ikan ini. Salah satu penyakit yang sering diderita ikan koi adalah 'balon gas', penyakit ini biasanya menyerang ikan koi di musim kemarau. Penyakit ini sering terlihat pada kepala, sirip, dan juga pada pupil mata. Kejenuhan kandungan oksigen juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit ini. Penyakit ini dapat di-tanggulangi dengan memasukkan air ke dalam kolam koi atau membuat tempat yang teduh. Aerasi dan pemanasan harus selalu dikontrol agar tidak menjadi penyebab timbulnya penyakit ini.


Tinggalkan Komentar: